...

Selamat Datang di Blog Saya, Semoga Bermanfaat.

Senin, 20 Februari 2017

Makalah Kompetensi Bidan

MAKALAH KONSEP KEBIDANAN
KOMPETENSI BIDAN DI INDONESIA
KOMPETENSI KE - 7
Dosen Pengampu : Ibu Hartini 



DI SUSUN OLEH :
1. Fitriana Sindi ( 16140012 )
2. Junita Dewi Sartika Unawekla  ( 16140021 )
3. Ketut Ayu Wulantari ( 16140018 )
4. Maya Sari ( 16140025 )
5. Roberta Desi Ratnasari  ( 16140053 )
KELAS  : B.13.1
KELOMPOK  : 7


UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
PRODI D-IV BIDAN PENDIDIK
T.A 2016/107



KATA PENGANTAR

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang Maha
Pengasih dan Maha Penyayang. Karena atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Kompetensi Bidan ke-7 di Indonesia”. Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah Konsep Kebidanan
Prodi D-IV Bidan Pendidik di Universitas Respati Yogyakarta.

Kedua, dalam penyusunan makalah ini kami mengucapkan terimakasih kepada :

Ibu Hartini selaku dosen pengampu mata kuliah Konsep Kebidanan . Semua pihak yang b
ekerjasama dalam penyusunan makalah yang berjudul “Kompetensi Bidan ke-7 di Indonesia”.
Makalah ini kami susun dengan kerjasama kelompok dengan berbagai sumber yang ada di buku
dan internet
Kami menyadari bahwa dalam penyelesaian makalah ini masih jauh dari kata sempurna, baik
dalam segi pembahasan, penulisan dan penyusunan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik
dan saran dari dosen pembimbing mata kuliah Konsep Kebidanan untuk menyempurnakan
makalah ini.



Yogyakarta, 15 November 2016


Penyusun






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………………………….. i
KATA PENGANTAR ……………………………………………… ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………… iii
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………. 1
· A. Latar Belakang ………………………………………….. 1
· B. Rumusan Masalah …………………………………….. .. 2
· C. Tujuan Penulisan ………………………………………. 3
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………….. 4
· 1.1 Defenisi Kompetensi Bidan…………………….....4
· 1.2 Standar Kompetensi Bidan ……………………… 6
· 1.3 Tujuan……………… . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .8
BAB III PENUTUP ……………………………………………… 9
· 3.1. Simpulan ……………………………………………….. 9
· 3.2. Saran …………………………………………………….. 10
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………. 10






BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pelayanan kebidanan mempunyai tujuan yang mulia, melindungi dan mempromosikan 
kesehatan perempuan, terutama membantu  perempuan hamil dan keluarganya. Pelayanan 
yang diberikan agar perempuan dan keluarganya memperoleh penyesuaian emosional dalam 
menghadapi kehamilan dan persalinan, serta menjamin calon ibu mendapatkan pengetahuan, 
keterampilan dan informasi yang cukup untuk memasuki masa menjadi ibu (motherhood) 
dengan peran dan tanggungjawab yang benar dan tepat (Pairman, S. & Picombe, J., 1999). 
Menyikapi tujuan ini, maka bidan selain bekerja secara mandiri juga bekerja sama/ kolaborasi 
dengan tenaga kesehatan lainnya dalam mengupayakan pelayanan kebidanan agar dapat 
dilakukan secara paripurna dan berkesinambungan.
Bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan yang paripurna dan berkesinambungan akan 
berorientasi pada asuhan kebidanan yang bersifat holistik, meliputi pemahaman aspek-aspek 
sosial, 
emosional, kultural, spiritual, psikologikal dan fisik perempuan. 
Asuhan kebidanan yang diberikan ini berdasarkan bukti – bukti nyata yang terbaik dan terkini, 
sehingga bidan harus mampu memberikan nasihat, informasi dan fasilitas yang dibutuhkan 
perempuan agar mereka mampu berpartisipasi serta mengambil keputusan untuk peningkatan 
kesehatannya. Pelayanan kebidanan pada dasarnya sejalan dengan perkembangan obstetrik,
 namun masing – masing mempunyai lingkup praktik tersendiri.
Kebidanan sebagai profesi yang terus berkembang harus mengikuti perkembangan dan 
perubahan globalisasi. Era globalisasi menuntut tersedianya sumber daya manusia profesional 
dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Profesionalisme terkait erat dengan 
kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang profesional. Kompetensi profesional adalah 
suatu kebiasaan dan diterapkan dengan bijak dengan memperhatikan komunikasi. 
Pengetahuan, keterampilan teknikal, alasan klinikal, emosi, nilai, dan refleksi dalam 
praktik sehari-hari untuk memperbaiki kesehatan individu,keluarga dan masyarakat. 
Sikap profesional bidan tidak terlepas dari harapan masyarakat terhadap profil seorang bidan.
Kompetensi adalah  karakteristik yang mendasari seseorang berkaitan dengan efektivitas
kinerja dan tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki individu sebagai syarat
untuk dianggap mampu dan memiliki hubungan kausal atau sebab akibat dengan kriteria yang
dijadikan acuan atau suatu kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan suatu pekerjaan
atau tugas yang dilandasi atas keterampilan dan pegetahuan serta didukung oleh sikap kerja
yang yang harus dimiliki oleh seorang bidan dalam melaksanakan praktek kebidanan pada berbagai pelayanan kesehatan secara aman dan bertanggung jawab sesuai dengan standar
sebagai syrarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat. Sesuai dengan keputusan menteri
kesehatan telah dibentuk standar komptensi bidan yang terdapat dalam standar profesi bidan,
standar kompetensi yang terdiri dari sembilan  kompetensi.

B. RUMUSAN MASALAH
1.    Apakah yang dimaksud dengan standar kompetensi bidan ?
2.    Apa saja standar kompetensi bidan ke - 7 ?
3.    Apakah tujuan dari adanya standar kompetensi bidan ke - 7 ?




C. TUJUAN
1) Untuk mengetahui definisi dari standar kompetensi bidan
2) Untuk mengetahui apa saja standar kompetensi bidan ke - 7
3) Untuk mengetahui tujuan dari adanya kompetensi bidan ke - 7 


BAB II
PEMBAHASAN

1.1  Definisi Standar Kompetensi Bidan
Definisi bidan menurut International Confederation Of Midwives  (ICM)yang dianut dan diadopsi oleh seluruh organisasi bidan di seluruh dunia,  dan diakui oleh WHO dan Federation of International Gynecologist  Obstetrition (FIGO). Definisi tersebut secara berkala direview dalam  pertemuan Internasional/Kongres ICM. Definisi terakhir disusun melalui  konggres ICM ke 27, pada bulan Juli tahun 2005 di Brisbane Australia  ditetapkan sebagai berikut: Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti  program pendidikan bidan yang diakui di negaranya, telah lulus dari  pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar (register) dan  atau memiliki izin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan.
Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap  dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang bersifat  dinamis, berkembang, dan dapat diraih setiap waktu. Kebiasaan berpikir dan  bertindak secara konsisten dan terus-menerus memungkinkan seseorang  menjadi kompeten, dalam arti memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai,  dan sikap-sikap dasar dalam melakukan sesuatu. Kebiasaan berpikir dan  bertindak itu didasari oleh budi pekerti luhur baik dalam kehidupan pribadi,  sosial,kemasyarakatan, keberagamaan, dan kehidupan berbangsa dan  bernegara

Kompetensi tersebut dibagi atas 2 kategori, yaitu :
1.         Kompetensi Inti atau Dasar
Kompetensi minimal yang mutlak dimiliki oleh bidan.
2.         Kompetensi Tambahan atau Lanjutan
Pengembangan dari pengetahuan dan keterampilan dasar untuk  mendukungtugas bidan dalam memenuhi tuntutan/kebutuhan masyarakat yang  sangat dinamis serta perkembangan IPTEK.

5 Dimensi kompetensi – Asuhan Kebidanan
•     Task Skill  Mampu melakukan/melaksanakan asuhan kebidanan  pemeriksaan fisik 
ibu hamil.
•     Task Management Skill : Mengidentifikasi secara dini pola persalinan  abnormal dan kegawatdaruratan dengan  intervensi sesuai SOP atau rujukan yang tepat.
•     Contingency Management Skill : mampu memimpin persalinan dalam  kondisi bersih, aman dan menangani  situasi kegawatdaruratan bersama tim  kebidanan.
•     Job/Role Environment Skill: menangani K3.keadaan  diruang bersalin  pasca persalinan ibu,agar tetap bersih dan  tidak membahayakan dirinya dan rekan  kerja.
•     Transfer Skills  memindahkan ibu nifas & bayi pasca persalinan  keruang perawatan 
Ibu & anak.

Standar Kompetensi Bidan.
Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor:369/Menkes/SK/III/2007 Tentang Standar Profesi Bidan, salah satu  komponen di dalamnya berisi mengenai standar kompetensi bidan di  Indonesia, sebagaiacuan untuk melakukan asuhan kebidanan kepada individu,  keluarga dan masyarakat.


1.2 Standar Kompetensi Bidan 
Kompetensi Ke-7
Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensif pada  bayi dan balita 
(1 bulan – 5 tahun).
1)    Pengetahuan Dasar
a)     Keadaan kesehatan bayi dan anak di Indonesia, meliputi angka  kesaktian,angka kematian,penyebab kesaktian dan kematian
b)    Peran dan tanggung jawab orang tua dalam pemeliharaan bayi dan  anak
c)     Pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak normal seta factor  factor yang mempengaruhinya
d)    Kebutuhan fisik danpsikososial anak
e)     Prinsip dan standar nutrisi bayi dan anak.prinsip prinsip komunikasi  pada bayi dan anak
f)     Prinsip untuk keselamatan untuk bayi dan anak
g)    Upaya pencegahan penyakit pada bayi dan anak misalnya  pemberian imunisasi
h)    Masalah masalah yang lazim terjadi pada bayi normal seperti  gumoh/regurgitasi, diaper rash, dll  serta penatalaksanaannya
i)      Penyakit-penyakit yang sering terjadi pada bayi dan anak
j)     Penyimpangan tumbuh kembang bayi dan anak serta piñata  laksanaannya
k)    Bahaya bahaya yang sering terjadi pada bayi dan anak didalam dan  diluar rumah serta upaya pencegahannya
l)     Kegawatdaruratan pada bayi dan anak serta penata laksanaannya.


2) Ketrampilan Dasar
a)     Melaksanakan pemantauan dan stimulasi tumbuh kembang bayi dan  anak
b)    Melaksanakan  penyuluhan pada orang tua tentng pencegahan  bahaya bahaya pada bayi dan anak sesuai dengan usia
c)     Melaksanakan pemberian imunisasi pada bayi dan anak
d)    Mengumpulkan data tentang riwayat kesehatan pada bayi dan anak  yang terfokus pada gejala
e)     Melakukan pemeriksaan fisik yang terfokus
f)     Mengidentifikasi penyakit berdasarkan data dan pemeriksaab fisik
g)    Melakukan pengobatan sesuai kewenangan,kolaborasi atau merujuk  dengan cepat dan tepat sesuai keadaan bayi dan anak
h)    Menjelaskan kepada orang tua tentang tindakan yang dilakukan
i)      Melakukan pemeriksaan secara berkala pada bayi dan anak sesuai  standar yang berlaku
j)      Melaksanakan penyuluhan pada orang tua tentang pemeliharaan  bayi
k)    Tepat sesuai keadaan bayi dan anak yang mengalami cidera dan  kecelakaan
l)      Mendokumentasikan temuan temuan dan intervensi yang dilakukan



1.3  Tujuan

Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensif pada  bayi dan balita sehat   (1 bulan - 5 tahun).
Maksudnya ialah bidan tidak hanya menangani dan memberi asuhan kepada  bayi yang baru lahir tetapi juga terhadap bayi dan balita seperti dalam hal  menangani panyakit atau kelainan pada saat masa pertumbuhan bayi dan anak.
Kompetensi ini terdapat pada keterkaitan dengan wewenang bidan  yakni  seorang bidan memberikan asuhan yang komprehensif pada bayi baru  lahir dan komprehensif pada bayi umur 1 bulan sampai dengan lima tahun.




BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Standar asuhan kebidanan berguna bagi para bidan dalam penerapan norma dan tingkat kinerja
yang diperlukan untuk mencapai hasil yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasien. Standar
yang jelas akan melindungi masyarakat karena hasil asuhan yang diberikan sesuai dengan acuan
yang telah ditetapkan sekaligus melindungi bidan terhadap tuntutan mal praktik. Penerapan
asuhan kebidanan saat ini meliputi standar kompetensi bidan dan standar pelayanan kebidanan
yang keduanya disesuaikan dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia
Nomor 369/MENKES/SK/III/2007 Tentang Standar Profesi Bidan.
Asuhan kepada bayi dan balita (1 bulan-5 tahun) yang terdapat pada kompetensi ketujuh,
belum tercantum secara jelas dalam PERMENKES 149/2010. Walaupun demikian,
pembahasan dalam makalah ini hanya berdasar kepada PERMENKES 900/2002 serta
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 369/MENKES/SK/III/2007.
Keberhasilan dalam penerapan standar asuhan kebidanan sangat tergantung kepada individu
bidan, organisasi profesi, sistem monitoring dan evaluasi yang diterapkan dalam pelayanan
 kebidanan. Pada pelaksanakan asuhan kebidanan tiap individu bidan diharapkan memahami
filosofi, kerangka kerja, manfaat penggunaan standar asuhan kebidanan serta evaluasi
penerapan standar pelayanan.
Dengan adanya perbaikan yang berkelanjutan bagi standar asuhan kebidahan yang disesuaikan
dengan perkembangan pelayanan saat ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan
masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan kebidanan.



SARAN

Perlu adanya penelaahan lebih lanjut mengenai wewenang bidan yang tercantum dalam
PERMENKES 149/2010 supaya kompetensi yang harus dimiliki oleh bidan sesuai dengan
peraturan tersebut dan tidak bertentangan dengan peraturan-peraturan sebelumnya.


DAFTAR PUSTAKA

zuliaajayanty.blogspot.co.id
intanman.blogspot.co.id
krisnayantinila.blogspot.co.id
kompetensibidanpraktekprofesional.blogspot.co.id
merry-creations.blogspot.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persiapan dan Asuhan Pre Operasi

Persiapan dan Asuhan Pre Operasi  Keberhasilan tindakan pembedahan secara keseluruhan sangat tergantung  pada fase ini. Hal ini diseb...